Anechoic Chamber adalah ruangan yang di desain untuk menyerap secara sempurna pantulan suara maupun gelombang elektromagnetik. Ruangan ini juga terisolasi oleh gelombang yang berasal dari dalam dan dari luarnya.

Anechoic Chamber pada bidang akustika digunakan untuk melakukan eksperimen ketika di butuhkan kondisi dimana ruangan tersebut atau suatu daerah tersebut dalam kondisi “free field” (re : kondisi dimana tidak ada pantulan gelombang suara maupun gelombang elektromagnetik ). Contoh penggunaan anechoic chamber ini adalah pada pengukuran fungsi transfer gelombang suara dari suatu loudspeaker atau intensitas radiasi suara dari suatu mesin industri.

Pada tahun 2005, anechoic chamber dapat mengukur hingga -9.4 dBA. Kemudian pada 2015, Anechoic chamber milik Microsoft memecahkan world record yaitu dapat mengukur sehingga -20.6 dBA. Telinga manusia biasanya bisa mendeteksi suara dengan itensitas lebih dari 0 dBA.

Ketika seseorang memasuki ruangan ini, orang tersebut akan merasakan ketenangan dimana tidak ada suara dari luar maupun dari dalam. Orang yang ada di dalam ruangan ini cenderung akan mendengar suara organ tubuhnya sendiri, contohnya suara detak jantung, suara aliran darah pada pembuluh darah, dan juga suara persendian saat digerakkan. Terlalu lama di tempat ini menyebabkan manusia yang tidak biasa dengan tempat tenang akan mengalami disorientasi (Bingung).

Credit:
https://www.scienceabc.com/innovation/anechoic-chambers-quietest-most-silent-rooms-work-made.html
https://www.cirrusresearch.co.uk/blog/2016/08/what-is-an-anechoic-chamber/
https://www.ucl.ac.uk/pals/research/research-facilities/anechoic-chamber

#LPKTA2018
#LPFACT

Departemen Media Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Kajian Teknik Aplikatif, FT UGM