Silaturahmi UKMF MATRIKS FT UNY

67943

 

Sabtu, 18 April 2015 lalu, Lembaga Penelitian  dan Kajian Teknik Aplikatif (LPKTA) Fakultas Teknik UGM mendapat tamu dari Mahasiswa Teknik Riset dan Eksperimen (MATRIKS) Fakultas Teknik UNY. Kunjungan ini merupakan silaturahmi  untuk membangun kerjasama maupun inspirasi dari kedua belah pihak. Ini bukanlah kunjungan pertama Matriks. Sebelumnya, perwakilan dari MATRIKS juga pernah bersilaturahmi ke sekretariat LPKTA pada tahun 2014 lalu.

 

Pada kunjungan kali ini, MATRIKS diwakili oleh 15 orang dari keseluruhan anggotanya yang berjumlah 41 orang. Acara yang cukup santai ini dimoderatori oleh perwakilan dari LPKTA, Vicky Yuliandi Siahaan. Acara pun dimulai dengan perkenalan seluruh anggota MATRIKS dilanjutkan dengan anggota LPKTA yang hadir. Dilanjutkan Struktur keanggotaan dari masing-masing pihak pun diperkenalkan dengan diwakili oleh Doni Elian Rohmansyah dari LPKTA selaku ketua umum 2015/2016 dan Elsa Wahyu H. dari Matriks selaku ketua umum tahun 2015/2016.

6794067942

 

Kedua organisasi yang bergerak dalam bidang penelitian ini memiliki struktur keanggotaan yang cukup sama. MATRIKS sendiri terdiri dari 4 departement yakni Kesekretariatan (kestari), PSDM, Pemberdayaan Karya Ilmiah Mahasiswa (PKIM) dan Humas, serta Pengurus Harian. Sedangkan dari LPKTA sendiri terdiri dari 6 departement yakni Riset, Kajian dan teknologi (Kajitek), Media dan Publikasi Ilmiah (MPI), Jaringan dan pemberdayaan masyarakat (JPM), HRD dan Riset Preneur (RP), serta Pengurus Harian.

 

Sepanjang jalannya acara, nuansa kekeluargaan sangat tampak. Diskusi yang dilakukan juga tidak monoton dari satu pihak melainkan terkesan lebih dinamis antara kedua pihak. Suasana tersebut membuat anggota dari kedua lembaga semakin semangat dalam berdiskusi. Hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyan yang dilontarkan dari masing-masing pihak untuk mengetahui lebih tentang organisasi masing-masing.

 

Selain untuk mengenal organisasi lain, kunjungan ini juga bertujuan untuk menyerap gagasan-gagasan atau saran-saran dari masing-masing organisasi yang kiranya cocok dengan tujuan keorganisasian masing-masing. Saran-saran dan gagasan-gagasan tersebut pun dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mewujudkan organisasi yang lebih baik lagi kedepannya.

 

Diakhir forum, perwakilan dari masing-masing pihak memberikan kenang-kenangan berupa plakat yang kemudian dilanjut dengan foto bersama di Tugu Teknik UGM. Kedepannya, kegiatan seperti ini dapat terus berjalan dengan baik untuk semakin mempererat kerjasama antar organisasi ataupun membentuk sebuah organisasi yang lebih baik.