REBOND 2015

79589

Research Outbond atau yang disingkat sebagai Rebond merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh LPKTA (Lembaga Penelitian Kajian Teknologi Aplikatif) dalam rangka menyambut dan melatih para generasi penerus LPKTA agar mampu mengemban tanggung jawab yang lebih besar nantinya dalam kepengurusan LPKTA . Acara ini dilaksanakan pada 6-9 November 2015 tepatnya pada hari Jumat-Minggu. Acara yang bertempat pada Desa Mangunan ini memiliki beberapa kegiatan yang memiliki banyak sekali makna yang terkandung didalamnya.

Kegiatan yang pertama kali dilakukan adalah Forum Group Discussion yang dilaksanakan pada malam hari setelah para peserta sampai pada tempat tujuan . Peserta diajak untuk berdiskusi secara berkelompok untuk membahas suatu permasalahan imajiner yang bertujuan untuk melatih kemampuan peserta dalam menganalisis suatu permasalahan. Pada hari kedua tepatnya pada pukul 08.00 setelah para peserta sarapan bersama dan mempersiapkan diri, para peserta melakukan kegiatan utama, yaitu Outbond. Pada kegiatan ini, panitia telah mempersiapkan beberapa pos yang nantinya pada setiap pos akan dilakukan games yang akan melatih jiwa kepenelitian para peserta. Selain melakukan games-games yang seru, para peserta juga disuruh untuk mengamati berbagai macam permasalahan yang terjadi pada Desa Mangunan yang nantinya akan dibahas pada forum group discusion yang dilaksanakan setelah kegiatan outbond selesai. Pada malam harinya, dilaksanakan pentas seni yang menampilkan jiwa seni para peserta Rebond ini. Para peserta terlihat sangat antusias pada acara ini, karena selain penampilan para peserta yang unik-unik, para peserta juga dihibur dengan selingan game eat bulaga yang lucu.

Tepat tengah malam para peserta dibangunkan oleh panitia, karena akan dilakukan Jalan Malam, yaitu kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan para peserta pada jiwa ke-LPKTA-an. Sama seperti outbond, pada kegiatan ini terdapat beberapa pos yang disediakan oleh panitia, pos yang pertama adalah pos kepemimpinan, dimana para peserta di ajarkan hal-hal yang harus dimiliki oleh pemimpin. Lalu ada pos kedisiplinan, pada pos ini para peserta di ajak untuk berdiskusi secara terbuka tentang apa itu kedisiplinan, yang ketiga ada pos tanggung jawab, yang didalamnya diajarkan tentang tanggung jawab dalam hal kepengurusan organisasi, dan yang terakhir adalah pos loyalitas, dimana para peserta dapat bertukar cerita dengan para anggota FAT atau forum anggota tua. Setelah melakukan jalan malam, acara yang paling dinantikan oleh para peserta dan sebagai puncak acara yaitu pelantikan. Pada acara ini para peserta dilantik secara de jure oleh para panitia dengan mengucapkan janji, dan sebagai simbolis bahwa para peserta sudah diakui keanggotaanya, maka disematkan korsa LPKTA kepada beberapa peserta. Pelantikkan ini diharapkan dapat menanamkan jiwa kekeluargaan antar anggota LPKTA baik itu untuk angkatan 2015 maupun untuk angkatan atas. Dan dengan dilantikknya para peserta, rangkaian kegiatan REBOND ini pun selesai, dan diharapkan hal-hal yang telah diajarkan dan ditanamkan pada setiap anggota dapat menjadi suatu pengalaman yang nantinya akan berguna bagi setiap anggota dalam menyongsong masa depan yang lebih baik.

Ichsan A. (2015)