Algae Biofuel

Algae Biofuel
Algae Biofuel atau Algal Oil adalah bahan bakar bio alternatif yang menggunakan algae sebagai sumber penghasil minyak yang kaya energi.

Algae Biofuel memanfaatkan minyak yang dihasilkan oleh microalgae. Microalgae dipilih karena tumbuh dan berkembang biak dengan cepat dan mengandung tingkat minyak yang tinggi. Kandungan minyak microalgae berkisar antara 20% hingga 80% dari berat keringnya.

Produksi Algae Biofuel dimulai dari pengembak-biakan microalgae pada kolam terbuka atau wadah tertutup. Setelah jumlah Algae cukup maka Algae akan dipanen dan dipress untuk mendapatkan minyak dari biomass. Cara Press merupakan cara yang paling simpel dan yang paling banyak digunakan akan tetapi hanya mendapatkan sekitar 75% dari total minyak. Untuk mendapatkan hingga 95% minyak diperlukan proses hexane solvent method yaitu mencampurkan sisa biomass hasil press dengan hexane yang kemudian difilter untuk mendapatkan minyak sisanya.

Setelah minyak diekstrak akan diproses lebih lanjut dengan proses transesterification. Proses ini menggabungkan katalis seperti sodium hydroxide dengan alkohol untuk menghasilkan biodiesel fuel yang mengandung glycerol. Kemudian dilakukan penyulingan untuk menghilangkan glycerol. Proses berakhir dan menghasilkan algae biodiesel fuel.

Walau Algae Biofuel merupakan alternatif yang lebih baik dari tanaman lain, Algae Biofuel masih memiliki kendala hingga saat ini. Biaya produksi algae biofuel masih jauh lebih mahal dibandingkan bahan bakar fosil. Hal ini dipengaruhi oleh susahnya mengendalikan jenis spesies microalgae yang tumbuh pada wadah tumbuh sehingga kurang optimal, jumlah minyak yang dihasilkan masih rendah dan mahalnya biaya memanen dan mengolah algae biomass.

Gambar : http://ns.umich.edu/Releases/2013/Jul13/algae.html

Sumber :

  • Darzins, Al., Phillip, P, & Les, E. (2010). Current Status and Potential for Algal Biofuels Production. IEA Bioenergy.
  • Hanno, Micahel, et al. September 2010. Biofuels from algae : challenges and potential. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3152439/.
  • Newman, Stefani. How Algae Biodiesel Work. 23 September 2017. http://science.howstuffworks.com/environmental/green-science/algae-biodiesel.htm
  • Wen, Zhiyou. 2014. Algae for Biofuel Production. 23 Septerber 2017. http://articles.extension.org/pages/26600/algae-for-biofuel-production
  • Wesoff, Eric. 2017. Hard Lessons From the Great Algae Biofuel Bubble. 23 Septermber 2017. https://www.greentechmedia.com/articles/read/lessons-from-the-great-algae-biofuel-bubble

Departemen Media Publikasi Ilmiah
Lembaga Penelitian dan Kajian Teknik Aplikatif, FT UGM

Thumbanil