Teknologi Terbaru 2012: Meja dan Cincin Masa Depan


Peningkatan kualitas SDM di dunia ini berbanding lurus dengan lahirnya inovasi terbaru, salah satunya yaitu inovasi teknologi.  Persaingan antar individu dan bahkan antar negara baik negara berkembang maupun negara maju semakin menggila.  Banyak sekali teknologi canggih yang sengaja diciptakan guna memenuhi kebutuhan. Kita mungkin sudah sering melihat video maupun film yang menampilkan kecanggihan teknologi terbaru masa depan. Tapi apa jadinya jika hal tersebut menjadi nyata dan bisa dirasakan manfaatnya?

Mungkin fungsi meja jauh sebelum sekarang hanya sebagai tempat untuk menaruh barang saja.  Dan bisa kita ketahui bahwa meja hanya dipandang sebagai barang yang sederhana.  Namun di era yang serba canggih ini, meja disulap menjadi barang yang sangat berharga dengan modifikasi teknologi yang canggih. Pada awal tahun 2011, beredar kabar munculnya teknologi TV hologram. Tapi baru-baru ini, di penghujung tahun 2011, Microsoft membuat sebuah terobosan dengan teknologi yang diberi nama Microsoft Surface, dimana sebuah kombinasi antara meja, komputer, kamera, serta touch sensivity berukuran sebesar yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi untuk berbagai aktivitas.

Pada meja besar yang menggunakan LCD touch screen 40 inci, Microsoft menempatkan sebuah smartphone pada layar, seketika Microsoft Surface akan mengenali perangkat tersebut dan menampilkan informasi mengenai perangkat serta memungkinkan untuk memilih model yang berbeda. Kabarnya, Microsoft telah mengkonfirmasi harga terbaru untuk meja masa depan yang akan mereka rilis pada tahun 2012 nanti di pasar Amerika.

Seperti halnya Microsoft Surface, teknologi terbaru untuk masa depan lainnya, sebuah meja interaktif, EXOdesk, memungkinkan kita untuk melakukan semua aktivitas pada virtual space. EXOdesk sebenarnya merupakan sebuah tabletop computer yang menawarkan layar high definition 40 inci, di mana kita bisa memanipulasi virtual object dengan menyentuh dan dragging. EXOdesk dirilis pada tahun 2012.

           Selain meja dengan teknologi yang canggih, ada satu lagi inovasi yang berhasil dilahirkan yaitu jam tangan dalam bnetuk cincin.  Mungkin kita sudah sering menggunakan jam pada tangan kita di mana jam tangan ini awalnya mempunyai fungsi sebagai gelang atau aksesoris tangan.  Namun dengan sentuhan para pakar teknologi, maka sekarang bias kita nikmati jam dalam bentuk cincin.

Jam Cincin dari Cyber ​​CGSociety memiliki tiga cincin bergulir dengan LED kecil di dalamnya yang menandakan jam , menit dan detik. Terbuat dari stainless steel, sejauh ini itulah desain dan konsepnya, tetapi ini sudah cukup baik dalam kemampuannya untuk teknologi sekarang ini.

 

Penulis:

Ressy Jaya Yanti

Departemen Human Research Development

Sumber:

http://www.priagoenks.com/2011/11/teknologi-terbaru-2012-meja-masa-depan.html