Departemen Kajian Teknologi (Kajitek) adalah departemen yang bergerak dalam bidang pengkajian isu terkait dengan masalah seputar keteknikan/engineering yang sedang berkembang di lingkungan masyarakat dan tidak terlepas dari isu sosial yang beredar. Departemen ini menjadi hulu pengkajian terhadap berbagai riset yang akan dilaksanakan kedepannya dengan muara sebuah pengabdian terhadap masyarakat..

Progam kerja Departemen Kajian Teknologi

  1. Kajian Diskusi

Pengkajian Isu mengenai infrastruktur, manufaktur, dan energi yang dilaksanakan untuk internal LPKTA

Deskripsi: Kajian Diskusi Departemen Kajian Teknologi akan difokuskan untuk membahas kluster teknik yang terdiri dari Infrastruktur, Manufaktur, dan Energi. Artinya, dalam satu periode kepengurusan, terdapat sebanyak 3 kali kajian diskusi dengan 3 tema yang berbeda. Setiap tema memiliki waktu 6 kali pertemuan Forga untuk dikaji dan didiskusikan secara internal, lalu kemudian eksternal sebagai puncak dari kegiatan kajian.

Setiap tema telah ditetapkan wakunya. Untuk isu hangat terbaru (tentang keteknikan) yang tiba-tiba muncul ditengah rangkaian kajian diskusi akan di pertimbangkan, berdasarkan kesiapan dari anggota untuk membawakan tema tersebut.

  • Kajian Diskusi Internal (KDI)

Pengkajian Isu mengenai Infrastruktur, manufaktur, dan energi yang dilaksanakan untuk umum dalam lingkungan Fakultas Teknik UGM

Deskripsi:

KDI merupakan kegiatan diskusi yang akan dilaksanakan pada waktu Forum Keluarga (Forga) ke-1 sampai 5. Ruang lingkup partisipan dari kajian diskusi ini hanya mencakup anggota dari Departemen Kajian Teknologi. Pada KDI, akan diadakan beberapa kegiatan, diantaranya diskusi mengenai tema dan judul untuk diskusi, yang kemudian akan dilanjutkan dengan pembahasan dan diskusi yang lebih mendalam tentang tema atau judul yang telah ditetapkan. KDI merupakan pengantar untuk diselenggarakannya KDE, yang pelaksanaannya akan dibuka untuk umum, di luar Departemen Kajian Teknologi maupun LPKTA.

KDI akan dilaksanakan selama 5 kali pertemuan (5 kali forga), sebelum dilaksanakannya KDE. Rincian kegiatan pada setiap pertemuan adalah sebagai berikut:

  • Forga-1 : penetapan tema dan judul dari kajian.

  • Forga-2 : mencari bahan dari kajian yang telah ditetapkan tema dan

  • Forga-3 : diskusi internal Departemen Kajitek dan LPKTA, publikasi tentang tema serta judul KDE, dan mulai menyebarkan kuis berhadiah via Official Account.

  • Forga-4 : mempersiapkan KDE.

  • Forga-5 : mempersiapkan KDE.

TEMA: KLUSTER INFRASTRUKTUR

  • Forga-1 (9 Februari 2018) : penetapan tema dan judul dari kajian.

  • Forga-2 (16 Februari 2018) : mencari bahan dari kajian yang telah ditetapkan tema dan judulnya.

  • Forga-3 (23 Februari 2018) : diskusi internal Departemen Kajitek dan LPKTA, publikasi tentang tema serta judul KDE, mulai menyebarkan kuis berhadiah via Official Account, dan menyajikan fakta-fakta atau trivia yang berkaitan dengan tema kajian di media sosial.

  • Forga-4 (2 Maret 2018) : mempersiapkan KDE.

  • Forga-5 (9 Maret 2018) : mempersiapkan KDE.

TEMA: KLUSTER MANUFAKTUR

  • Forga-1 (13 April 2018) : penetapan tema dan judul dari kajian.

  • Forga-2 (20 April 2018) : mencari bahan dari kajian yang telah ditetapkan tema dan judulnya.

  • Forga-3 (27 April 2018) : diskusi internal Departemen Kajitek dan LPKTA, publikasi tentang tema serta judul KDE, mulai menyebarkan kuis berhadiah via Official Account, dan menyajikan fakta-fakta atau trivia yang berkaitan dengan    tema kajian di media sosial.

  • Forga-4 (4 Mei 2018) : mempersiapkan KDE.

  • Forga-5 (11 Mei 2018) : mempersiapkan KDE.

TEMA: KLUSTER ENERGI

  • Forga-1 (menyusul) : penetapan tema dan judul dari kajian.

  • Forga-2 (menyusul) : mencari bahan dari kajian yang telah ditetapkan tema dan judulnya.

  • Forga-3 (menyusul) : diskusi internal Departemen Kajitek dan LPKTA, publikasi tentang tema serta judul KDE, mulai menyebarkan kuis berhadiah via Official Account, dan menyajikan fakta-fakta atau trivia yang berkaitan dengan tema kajian di media sosial.

  • Forga-4 (menyusul) : mempersiapkan KDE.

  • Forga-5 (menyusul) : mempersiapkan KDE.

  • Kajian Diskusi Eksternal (KDE)

KDE merupakan kegiatan diskusi yang akan dilaksanakan pada Forum Keluarga (Forga) ke-6. Ruang lingkup partisipan dari kajian diskusi ini mencakup umum, di luar anggota Departemen Kajian Teknologi dan LPKTA. Pada KDE, akan diadakan kajian diskusi yang akan dibawakan oleh pembicara yang ahli pada topik atau bidang yang telah ditetapkan. KDE merupakan ujung dari rangkaian program kerja Kajian Diskusi Departemen Kajian Teknologi. KDE

Tanggal pelaksanaan KDE

  • TEMA: KLUSTER INFRASTRUKTUR

Hari : Jumat, 16 Maret 2018

  • TEMA: KLUSTER MANUFAKTUR

Hari: Jumat, 18 Mei 2018

  • TEMA: KLUSTER ENERGI

Hari: (menyusul)

  1. LPKTA Berprestasi

Departemen Kajian Teknologi memiliki tanggung jawab untuk menyebarkan informasi lomba kepada seluruh anggota LPKTA. Selain menginformasikan, Departemen Kajian Teknologi bersama denga Departemen HRD juga menjadi penanggung jawab untuk setiap tim yang ikut dalam lomba-lomba tersebut. Tugas sebagai penanggung jawab sementara adalah menghimpun anggota atau peserta yang ingin bepartisipasi dalam lomba dan membantu mencarikan tim.

  1. Road Show PKM

Departemen Kajian Teknologi berkerjasama dengan PKM Corner Teknik bertugas untuk mengadakan sosialisasi mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada setiap Departemen di Fakultas Teknik. Tujuan dari program ini untuk meningkatkan partisipasi Fakultas Teknik dalam mengikuti PKM

  1. PKM Expo

PKM Expo merupakan ajang penampilan alumni Pimnas yang telah mendapatkan medali PKM guna meningkatkan atmosfer ber-PKM di Fakultas Teknik. Dalam kegiatannya terdapat ajang mempertemukan ide dari berbagai kalangan mahasiswa yang belum menemukan kelompok untuk mengikuti PKM.

 

Lastest Related Post

Kajian Diskusi Material: Destructive-Non Destructive Test

Pernahkah kamu bertanya – tanya tentang terbentuknya sebuah produk? apakah produk tersebut memiliki kualitas yang bagus ? bagaimanakah cara produsen memastikan kualitas barang produksinya? Menjawab pertanyaan tersebut, dalam perindustrian terdapat suatu proses penting yang tidak dapat dilewatkan begitu saja, apa itu? Itu adalah Tes Material. Tes Material merupakan tes yang dilakukan pada produk guna memastikan […]

0 comments

FIRST MEET PKM DIDANAI (FT)

Kamu mahasiswa Teknik UGM? Punya PKM dan lolos didanai? Masih bingung selanjutnya mau ngapain? Jangan Bingung, dateng yuk ke acara FIRST MEET PKM TEKNIK DIDANAI. Hari : Jumat 27 April 2018 Pukul : 13.00-15.30 Tempat : Ruang Diskusi, Perpustakaan Fakultas Teknik, Lt. 2 Bukan cuma First Meet biasa, tapi juga bakal ketemu alumni PIMNAS sesuai […]

0 comments

Kajian Teknologi Akustika: Suara Dengarkanlah Aku…

Saat ini, Pemerintahan Presiden Joko Widodo sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pembangunan yang dilakukan dapat berupa jembatan, jalan tol, gedung, dan lainnya. Hasil dari pembangunan yang dilakukan harus memiliki kualitas yang baik, baik dari struktur maupun daya tahannya. Hasil dari pembangunan infrastruktur tersebut akan sia-sia apabila tidak memperhatikan faktor kenyamanan manusianya juga. Salah […]

0 comments