Pembobotan
17 September 2018


Pada tahap pelatihan/workshop, peserta diharuskan mengikuti dan menyelesaikan beberapa tahap yaitu Pelatihan Riset Dasar (Android, Inventor, Arduino dsb.), Pelatihan Tim/Project Riset (Garam, Telemetri, dsb.), dan Report Project. Masing-masing dari tahap tersebut memiliki persentase penilaian yang akan menjadi objektif dalam Open Recruitment. Berikut persentase nya,

Pelatihan Dasar : 30%
Pelatihan Tim/Project Riset : 30%
Report Project : 40% 

Indeks kehadiran Pelatihan Dasar dianggap 1, Tugas Pengganti Pelatihan Dasar dianggap 0.8 kehadiran.
Indeks kehadiran Pelatihan Tim/Project Riset dianggap 1, Tugas Pengganti nya dianggap 0.6 kehadiran.
Sedangkan, Report Project wajib diselesaikan.

Apabila terdapat pertanyaan silahkan hubungi narahubung/Departemen HRD.


Tugas Pengganti Pelatihan Riset Dasar
16 September 2018


  • Arduino Basic II
  1. Sebutkan tahap-tahap menggunakan Arduino jika Arduino yang digunakan adalah Arduino Nano, dengan port COM3, sampai program berhasil di Upload!
  2. Jelaskan singkat perbedaan data Analog dan data Digital!
  3. Jelaskan singkat istilah-istilah berikut,
    1. analogRead()
    2. digitalRead()*
    3. analogWrite()*
    4. digitalWrite()
    5. Serial.begin(9600)*
    6. Serial.print()
    7. Serial.println()
    8. Compile Program/Verify
    9. Upload Program
      • *)opsional
  4. Arduino memiliki resolusi sebesar 1023 (desimal). Dengan tegangan masukan 5 volt, berapa tegangan yang terbaca jika resolusi Arduino adalah 511?

Cantumkan Nama, Program Studi, NIM dan Divisi Riset yang dipilih dalam file.
Diketik, dibuat pdf, dan dikirim ke email wardayacandra@gmail.com, paling tidak 20/09/2018.


  • Android II
  1. Apa perbedaan “match parent” dan “wrap content” pada pengaturan height/width?
  2. Fungsi apa yang digunakan pada kode java untuk menghubungkan kode java dengan objek xml melalui id nya?

Jawaban di ketik dan dikirimkan ke line @ichlaz_mal


Jadwal Pelatihan Riset



Bagi yang berhalangan untuk hadir, harap menghubungi trainer yang bersangkutan untuk Tugas Pengganti.
Narahubung: Davidika Argo S. B. (LINE : davidikaasb)


Daftar Peserta Pelatihan Riset



Silahkan untuk mengenal rekan sesama fokus riset dan divisinya pada tahap pelatihan ini. Informasi perihal Jadwal Pelatihan dan hal-hal terkait akan segera diinformasikan melalui website atau grup. Apabila ada pertanyaan silahkan langsung ajukan di grup atau Official Account LINE LPKTA FT UGM.


Rekruitmen Terbuka LPKTA 2018


Lembaga Penelitian dan Kajian Teknik Aplikatif adalah Badan Semi Otonom BEM KMFT (BSO tingkat Fakultas). LPKTA mengglar rekruitmen terbuka di Semester ganjil 2018/2019 untuk Mahasiswa/i Baru Fakultas Teknik 2018 dan Mahasiswa/i Fakultas Teknik angkatan 2017, semua jurusan.
Pendaftaran rekruitmen dibuka Senin, 20 Agustus 2018 (bertepatan dengan Recdays Fakultas Teknik) sampai 26 Agustus 2018. Timeline rekruitmen secara umum dilaksanakan hampir satu semester penuh. Peserta tidak diharuskan memiliki kemampuan yang spesifik. Setiap peserta dianggap sama, dan akan mengikuti tahap-tahap rekruitmen bersama-sama. Pada rekruitmen ini, Peserta akan mengikuti berbagai pelatihan untuk melatih dan mematangkan dasar pengetahuan untuk menunjang Riset yang ada.
Selain menekankan orientasi pada riset aplikatif, LPKTA membuka rekruitmen kepengurusan organisasional yang dibagi menjadi 6 departemen. Departemen Riset, Departemen Riset Preneur (RP), Departemen Kajian Teknologi (Kajitek), Departemen Jaringan dan Pengabdian Masyarakat (JPM), Departemen Media Publikasi Ilmiah (MPI), dan Departemen Human Resources Development (HRD).
Rekruitmen ini bersifat survival, bertujuan untuk menjaring Mahasiswa/i Fakultas Teknik yang memiliki semangat belajar tinggi, komitmen dalam mengikuti kepengurusan, serta memiliki ambisi yang besar untuk berprestasi.
Informasi-informasi resmi terkait dengan Rekruitmen Terbuka akan disampaikan pada page ini. Stay tune and keep curious. Technology For Humanity!